Senin, 06 April 2009

THE MEANS OF EXPERT SYSTEM

APA ITU PAKAR/AHLI (EXPERT) ?

  • Seorang pakar/ahli (human expert) adalah seorang individu yang memiliki kemampuan pemahaman yang superior dari suatu masalah. Misalnya: seorang dokter, penasehat keuangan, pakar mesin mobil, dll.
  • Kemampuan kepakaran: Dapat mengenali (recognizing) dan merumuskan masalah, Menyelesaikan masalah dengan cepat dan tepat, Menjelaskan solusi,Belajar dari pengalaman,Restrukturisasi pengetahuan,Menentukan relevansi/hubungan,Memahami batas kemampuan

APA ITU KEPAKARAN/KEAHLIAN (EXPERTISE) ?

  • Pemahaman yang luas dari tugas atau pengetahuan spesifik yang diperoleh dari pelatihan, membaca dan pengalaman.
  • Jenis-jenis pengetahuan yang dimiliki dalam kepakaran:Teori-teori dari permasalahan,Aturan dan prosedur yang mengacu pada area permasalahan,Aturan (heuristik) yang harus dikerj akan pada situasi yang terjadi,Strategi global untuk menyelesaikan berbagai jenis masalah,Meta-knowledge (pengetahuan tentang pengetahuan),Fakta-fakta

APA ITU PENGETAHUAN (KNOWLEDGE) ?

  • Data + processing = informa tion
  • Information + processing (pengalaman, training, dll) = knowledge

Alasan mendasar mengapa ES dikembangkan untuk menggantikan seorang
pakar:

  • Dapat menyediakan kepakaran setiap waktu dan diberbagai lokasi
  • Secara otomatis mengerjakan tugas-tugas rutin yang membutuhkan seorang pakar. Seorang Pakar akan pensiun atau pergi.
  • Seorang Pakar adalah mahal
  • Kepakaran dibutuhkan juga pada lingkungan yang tidak bersahabat (hostile environtment)

PEMINDAHAN KEPAKARAN
Tujuan dari sebuah sistem pakar adalah untuk mentransfer kepakaran yang
dimiliki seorang pakar kedalam komputer, dan kemudian kepada orang lain
(nonexpert).
Aktifitas yang dilakukan untuk memindahkan kepakaran:
1. Knowledge Acquisition (dari pakar atau sumber lainnya)
2. Knowledge Representation (ke dalam komputer)
3. Knowledge Inferencing
4. Knowledge Transfering

0 komentar:

 
template by suckmylolly.com flower brushes by gvalkyrie.deviantart.com